Home > Berita, Info > Pesawat Tempur Sukhoi SU-27 SKM

Pesawat Tempur Sukhoi SU-27 SKM

September 15th, 2010 Leave a comment Go to comments

Sukhoi SU-27 SKM. Dua  pesawat tempur Sukhoi SU-27 SKM dari Rusia tiba di Pangkalan Udara Sultan Hasanuddin Makassar. Satu pesawat sejenis  akan menyusul tiba pada bulan ini untuk memperkuat TNI AU. Pesawat tempur Sukhoi SU-27 SKM tersebut digunakan untuk melengkapi Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) Lanud Sultan Hasanuddin Makassar. Lanud Sultan Hasanuddin sendiri merupakan home base pesawat tempur SU-27 SKM dan SU-30 MK2 buatan Komsomolsk Amure Arcraft Production Association (KNAPO).

Sukhoi Su-27 SkmSukhoi Su-27 Skm

Pesawat Sukhoi SU-27 SKM ini diangkut oleh Pesawat Antonov AN-124-100 dan tiba di Lanud Sultan Hasanuddin Makassar dengan didampingi oleh tim personel dari Rusia sebanyak 40 orang. Adapun tim personel dari Rusia yang mendampingi kedatangan pesawat tempur Sukhoi SU-27 SKM terdiri 3 orang pilot, 11 orang tim Waranti, tim assembling 12 orang dan 1 orang the specialist of air craft, satu orang the specialist of JPC Sukhoi, serta 9 orang the specialist enterprice sub contractor dan 3 orang the representative of state corporation rostechnologi.

Sukhoi Su-27 (kode NATO: Flanker) adalah pesawat tempur yang awalnya diproduksi oleh Uni Soviet, dan dirancang oleh Biro Disain Sukhoi. Pesawat ini direncanakan untuk menjadi saingan utama generasi baru pesawat tempur Amerika Serikat (yaitu F-14 Tomcat, F-15 Eagle, F-16 Fighting Falcon, dan F/A-18 Hornet). Su-27 memiliki jarak jangkau yang jauh, persenjataan yang berat, dan kelincahan yang tinggi. Pesawat ini sering disebut sebagai hasil persaingan antara Sukhoi dengan Mikoyan-Gurevich, karena Su-27 dan MiG-29 berbentuk mirip. Ini adalah keliru, karena Su-27 dirancang sebagai pesawat interseptor dan pesawat tempur superioritas udara jarak jauh, sedangkan MiG-29 dirancang untuk mengisi peran pesawat tempur pendukung jarak dekat.

Menurut informasi, besok 15 September 2010 akan didatangkan Sukhoi yang lain. Ketiga pesawat canggih tersebut tentunya akan memperkuat Skuadron Udara 11 Lanud Sultan Hasanuddin dan rencananya pesawat Sukhoi tersebut akan menggantikan peran pesawat A-4 Sky yang berada di Skuadron Udara 11 Lanud Hasanuddin. Pesawat buatan Rusia ini semoga mampu membantu kekuatan tempur TNI AU di Indonesia. [Baca juga Pesawat Tanpa Awak Iran

sumber : ndyteen.com

Incoming search terms for the article:

Categories: Berita, Info Tags: