Home > Film > Q Film Festival

Q Film Festival

September 30th, 2010 Leave a comment Go to comments

Q Film Festival. Q! Film Festival sebuah ajang festival yang didirikan oleh para jurnalis independen sebagai dedikasi kepada kaum LGBTIQ (Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender, Intersex, Questioning) untuk mendukung pencegahan HIV/AIDS melalui penayangan film lokal dan internasional, dan diskusi para audiens. Misi dari festival ini adalah untuk memperkenalkan film alternatif dan meningkatkan kesadaran terhadap isu-isu homoseksual. Untuk deskripsi lengkap tentang Q Film Festival ini bisa dilihat di situs Goethe-Institut.

Q Film FestivalQ Film Festival

Pertama kali digelar pada tahun 2005, Q! Film Festival (Q!FF) adalah festival film internasional pertama di Indonesia yang bertemakan gay, lesbian, biseksual, transgender (GLBT) dan isu-isu yang berkaitan dengan HIV/AIDS. Q!FF diselenggarakan oleh sebuah organisasi nirlaba bernama Q-munity. Dengan format screening film, pagelaran seni, sastra dan seminar. Festival ini mendapat dukungan dari Lembaga Budaya Lokal maupun kedutaan besar asing, sehingga mampu menghadirkan film dari berbagai negara. Lebih dari 800 film dan total 150.000 penonton pernah berkontribusi dalam festival tersebut selama delapan tahun terakhir. Para pemerhati, pembuat film, distributor, dan penyelenggara festival internasional pernah menghadiri festival ini sejak 2003.

Q! Festival Film sekarang adalah festival film Q! terbesar di Asia dalam hal jumlah jadwal pemutaran filmnya. Hal ini sudah diakui sebagai bagian dari Teddy Award di Film Festival Berlin, ‘Teddy on Tour’ sejak 2006. Festival ini juga terpilih sebagai salah satu dari 24 festival terbaik di seluruh dunia yang berfokus pada persoalan LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender), hak asasi manusia di tingkat lokal, nasional, regional dan internasional oleh Copenhagen OutGames Festival and Danish Institute for Human Rights (DIHR) pada 2009 lalu. ( ndyteen.com )

Incoming search terms for the article:

Categories: Film Tags: